Selasa, 28 Mei 2013

PROGRAM TAHUNAN PELAYANAN KONSELING


   PROGRAM TAHUNAN PELAYANAN KONSELING
SEKOLAH/MADRASAH  :.....                                                       TAHUN                                 :...................
KELAS                                     :......                                                      KONSELOR          :....................

No

Kegiatan
Materi Bidang Pengembangan
pribadi
sosial
Belajar
Karier
1
2
3
4
5
6
12
Kunjungan Rumah
Pertemuan dengan keluarga peserta didik untuk mengenali dan membahas kehidupan pribadi siswa di sekolah bersama orangtua , hal-hal yang dilakukan :
·         Memberitahukan Kehidupan pribadi siswa di sekolah kepada orangtua
·         Membahas Masalah pribadi siswa dan membangun komitmen bersama orangtua dalam pembinaan pribadi siswa
·         Mengetahui pola kehidupan siswa dan orangtuanya di rumah
·         Mengetahui pola hubungan siswa dengan saudara-saudaranya

·         Mengenali kepribadian siswa secara mendetail dirumah
·         Mengenali kemampuan dasar siswa dirumah agar dapat diarahkan kemana pengembangan dirinya dapat diarahkan
·         Mencocokkan minat yang dimiliki siswa dengan harapan orangtua yang mana dibahas secara mendetail dirumah siswa
·         Mengenali hobi siswa di rumah
·         Menentukan dan merencanakan pengembangan diri yang tepat bagi siswa berdasarkan kehidupan pribadinya di rumah dan di sekolah
·         Mengetahui sikap orang tua terhadap sekolah
Pertemuan dengan keluarga peserta didik dalam membahas kehidupan dan masalah sosial peserta didik , hal-hal yang dilakukan :
·         Memberitahukan kehidupan sosial di sekolah kaitannya dalam hal komunikasi , toleransi , hubungan sosial siswa kepada orangtua/wali peserta didik
·         Mengenali dan menganalisis pola komunikasi siswa dirumah dan mencocokkannya dengan yang ditunjukkan di sekolah
·         Mengenali dan menganalisis pola toleransi siswa di rumah dan di sekolah lalu mencocokkannya dengan yang ditunjukkan di sekolah
·         Mengenali dan menganalisis pola hubungan sosial siswa di rumah dan lingkungannya lalu mencocokkan dengan yang ditunjukkan di sekolah
·         Membahas masalah sosial siswa di sekolah dengan orangtuanya dirumah dan membahas penyelesaiannya bersama orangtua
·         Menentukan dan merencanakan pengembangan diri yang tepat bagi siswa berdasarkan kehidupan sosialnya di rumah dan di sekolah
·         Mengamati hubungan sosial siswa dirumah dan di sekolah
·         Merumuskan layanan konseling yang tepat bagi permasalahan kehidupan sosial siswa
Pertemuan dengan keluarga peserta didik dalam membahas kehidupan dan masalah belajar , hal-hal yang dilakukan :
·         Memberitahukan kepada orangtua peserta didik mengenai hasil belajar siswa di sekolah
·         Membahas masalah belajar yang dialami oleh siswa di sekolah dan mencari sumber permasalahannya dengan berkonsultasi dengan orangtua di rumah
·         Mengamati pola belajar siswa di rumah
·         Mengamati hambatan-hambatan belajar siswa yang ada pada saat mereka di rumah dan berkonsultasi dengan orangtua dalam mengatasi hambatan tersebut
·         Mengevaluasi hasil belajar siswa di sekolah dengan memperhatikan cara belajar siswa di rumah
·         Mengarahkan dan mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar dengan memperhatikan lingkungan belajar siswa di rumah
·         Mengarahkan karier siswa berdasar kemampuan belajar yang ada di sekolah baik di rumah
·         Mengetahui fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh orang tua dalam menunjang belajar siswa

Pertemuan dengan keluarga peserta didik untuk membahas karier anak , hal-hal yang akan dilakukan :
·         Berkonsultasi dengan orangtua mengenai keinginan karier anak dan keinginan karier yang diarahkan orangtua
·         Mengetahui dukungan orangtua terhadap pilihan karier anak
·         Menganalisa perilaku orangtua dalam mengarahkan bidang karier anak
·         Mengetahui kegiatan –kegiatan yang dilakukan orangtua dalam mendukung minat karier anak
·         Mengetahui dan menganalisis alasan orangtua mendukung minat karier pilihan anaknya
·         Mengetahui dan menganalisis alasan orangtua tidak mendukung minat karier pilihan anaknya
·         Berkonsultasi untuk menemukan solusi minat karier anak yang bertentangan dengan keinginan orangtuanya
·         Menganalisis hambatan-hambatan yang dialami oleh orangtua dalam pengembangan karier anak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar