PROGRAM TAHUNAN PELAYANAN KONSELING
SEKOLAH/MADRASAH :..... TAHUN
:...................
KELAS :...... KONSELOR
:....................
No
|
Kegiatan
|
Materi
Bidang Pengembangan
|
|||
pribadi
|
sosial
|
Belajar
|
Karier
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
12
|
Kunjungan Rumah
|
Pertemuan dengan keluarga peserta didik untuk mengenali dan membahas
kehidupan pribadi siswa di sekolah bersama orangtua , hal-hal yang dilakukan
:
·
Memberitahukan Kehidupan pribadi siswa di
sekolah kepada orangtua
·
Membahas Masalah pribadi siswa dan membangun
komitmen bersama orangtua dalam pembinaan pribadi siswa
·
Mengetahui pola kehidupan siswa dan
orangtuanya di rumah
·
Mengetahui pola hubungan siswa dengan saudara-saudaranya
·
Mengenali kepribadian siswa secara mendetail
dirumah
·
Mengenali kemampuan dasar siswa dirumah agar
dapat diarahkan kemana pengembangan dirinya dapat diarahkan
·
Mencocokkan minat yang dimiliki siswa dengan
harapan orangtua yang mana dibahas secara mendetail dirumah siswa
·
Mengenali hobi siswa di rumah
·
Menentukan dan merencanakan pengembangan diri
yang tepat bagi siswa berdasarkan kehidupan pribadinya di rumah dan di
sekolah
·
Mengetahui sikap orang tua terhadap sekolah
|
Pertemuan dengan keluarga peserta didik dalam membahas kehidupan dan
masalah sosial peserta didik , hal-hal yang dilakukan :
·
Memberitahukan kehidupan sosial di sekolah
kaitannya dalam hal komunikasi , toleransi , hubungan sosial siswa kepada
orangtua/wali peserta didik
·
Mengenali dan menganalisis pola komunikasi
siswa dirumah dan mencocokkannya dengan yang ditunjukkan di sekolah
·
Mengenali dan menganalisis pola toleransi
siswa di rumah dan di sekolah lalu mencocokkannya dengan yang ditunjukkan di
sekolah
·
Mengenali dan menganalisis pola hubungan
sosial siswa di rumah dan lingkungannya lalu mencocokkan dengan yang ditunjukkan
di sekolah
·
Membahas masalah sosial siswa di sekolah
dengan orangtuanya dirumah dan membahas penyelesaiannya bersama orangtua
·
Menentukan dan merencanakan pengembangan diri
yang tepat bagi siswa berdasarkan kehidupan sosialnya di rumah dan di sekolah
·
Mengamati hubungan sosial siswa dirumah dan di
sekolah
·
Merumuskan layanan konseling yang tepat bagi
permasalahan kehidupan sosial siswa
|
Pertemuan dengan keluarga peserta didik dalam membahas kehidupan dan masalah
belajar , hal-hal yang dilakukan :
·
Memberitahukan kepada orangtua peserta didik
mengenai hasil belajar siswa di sekolah
·
Membahas masalah belajar yang dialami oleh
siswa di sekolah dan mencari sumber permasalahannya dengan berkonsultasi
dengan orangtua di rumah
·
Mengamati pola belajar siswa di rumah
·
Mengamati hambatan-hambatan belajar siswa yang
ada pada saat mereka di rumah dan berkonsultasi dengan orangtua dalam
mengatasi hambatan tersebut
·
Mengevaluasi hasil belajar siswa di sekolah
dengan memperhatikan cara belajar siswa di rumah
·
Mengarahkan dan mengembangkan kemampuan siswa
dalam belajar dengan memperhatikan lingkungan belajar siswa di rumah
·
Mengarahkan karier siswa berdasar kemampuan
belajar yang ada di sekolah baik di rumah
·
Mengetahui fasilitas-fasilitas yang diberikan
oleh orang tua dalam menunjang belajar siswa
|
Pertemuan dengan keluarga peserta didik untuk membahas karier anak ,
hal-hal yang akan dilakukan :
·
Berkonsultasi dengan orangtua mengenai
keinginan karier anak dan keinginan karier yang diarahkan orangtua
·
Mengetahui dukungan orangtua terhadap pilihan
karier anak
·
Menganalisa perilaku orangtua dalam
mengarahkan bidang karier anak
·
Mengetahui kegiatan –kegiatan yang dilakukan
orangtua dalam mendukung minat karier anak
·
Mengetahui dan menganalisis alasan orangtua
mendukung minat karier pilihan anaknya
·
Mengetahui dan menganalisis alasan orangtua
tidak mendukung minat karier pilihan anaknya
·
Berkonsultasi untuk menemukan solusi minat
karier anak yang bertentangan dengan keinginan orangtuanya
·
Menganalisis hambatan-hambatan yang dialami
oleh orangtua dalam pengembangan karier anak
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar